Rabu, 02 Desember 2015

Tempat Tinggalku

Diposting oleh Unknown di 01.34
Kabupaten Probolinggo adalah salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur, Indonesia dengan ibu kota dan pusat pemerintahan kabupaten berada di Kraksaan. Kabupaten Probolinggo merupakan salah satu kabupaten yang terletak di wilayah Tapal Kuda, Jawa Timur. Kabupaten ini dikelilingi oleh pegunungan Tengger, Gunung Semeru, dan Gunung Argopuro. Luas wilayah Kabupaten Probolinggo (daerah pedesaan/rural area) 1.397,50 Km­2 dan luas wilayah Kota Madya Probolinggo (daerah perkotaan/urban area) 56,67 Km2.
Dengan bentang alam yang cukup luas ini, maka Kraksaan dipilih sebagai tempat Ibu Kota Kabupaten Probolinggo, sehingga terpisah dengan Ibu Kota Kota Madya Probolinggo. Sebenarnya antara kabupaten dan kota madya berada pada jenjang yang sama. Perbedaan status daerah kabupaten dan kota dimaksudkan untuk memberikan penekanan pada kondisi masyarakat atau kawasan setempat. Daerah kabupaten dimaksudkan bagi masyarakat atau kawasan pedesaan (rural area) dan daerah kota dimaksudkan bagi masyarakat atau kawasan perkotaan atau urban area. Jumlah penduduk Probolinggo sekitar 1.092.036 jiwa.
Kabupaten Probolinggo mempunyai semboyan "Prasadja Ngesti Wibawa". Makna semboyan : Prasadja berarti : bersahaja, blaka, jujur, bares, dengan terus terang, Ngesti berarti : menginginkan, menciptakan, mempunyai tujuan, Wibawa berarti : mukti, luhur, mulia. "Prasadja Ngesti Wibawa" berarti : Dengan rasa tulus ikhlas (bersahaja, jujur, bares) menuju kemuliaan.
Probolinggo mempunyai beragam kebudayaan yaitu:
1.    Seni budaya khas Probolinggo terdapat banyak macam ada Kerapan Sapi, Kuda Kencak, Ludruk, Tari Glipang dan Tari Slempang
2.    Objek wisata yang ada di Probolinggo di antaranya yaitu Gunung Bromo, Air Terjun Madakaripura, Pulau Giliketapang dengan taman lautnya, Pantai Bukit Bentar, Ranu Segaran, dan Sumber Air Panas yang terletak di Desa Tiris serta Candi Jabung yang mencerminkan kejayaan masa lalu.
3.    Selain obyek wisata dan keseniannyaProbolinggo juga menghasilkan buah-buahan (buah unggulan atau khas probolinggo yaitu mangga dan anggur), sayur-sayuran serta hasil perkebunan lainnya.
4.    Makanan khas Probolinggo sangat beragam macam salah satunya yang paling terkenal adalah Soto Kraksan, yang dimasak dengan santan yang sangat kental dan disajikan di mangkuk nasi dan Lontong. Selain Soto Kraksaan juga ada Nasi Glepungan. Namanya cukup aneh, tapi rasanya sangat lezat sekali. Nasi Glepungan biasanya terdiri dari ikan asin, lalapan, sambal pedas, nasi glepungan (sari-sari jagung), sayur kelor, tempe dan tahu penyet. Selain makanan probolinggo juga memiliki minuman khas yaitu Sirup Pokak yang dibuat tanpa bahan pengawet, bahan seperti untuk membuat pokak itu alami, mudah untuk didapat, di pasar juga ada, di swalayan juga bisa. Tapi tidak bisa tahan lama, karena buatnya tidak pakai pengawet. Lamanya hanya bertahan 1 minggu. Khasiat sirup okak adalah dapat menghangatkan badan, meredakan sakit tenggorokan, juga dapat diminum dengan es.Dan masih banyak lagi makanan ciri khas Probolinggo diantaranya keripik kentang, keripik olok, ketak kratok, mangga probolinggo, dan anggur prabu bestari.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Rosiana Nurfitri Laily Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review